banner pilkada 2024
banner hut ri

Ganjar Pranowo Kembali Puncaki Elektabilitas, Geser Prabowo dan Anies dalam Survei Capres 2024

Jakarta – Survei elektabilitas bakal calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Hasilnya menunjukkan Ganjar Pranowo kembali berada di posisi pertama.

Dalam simulasi top of mind, Ganjar mendapat dukungan tertinggi diikuti oleh Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Survei ini menggunakan metode random digit dialing (RDD) dengan sampel sebanyak 1.216 responden dari target populasi yang mencakup warga negara Indonesia berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 79% dari total populasi nasional.

Margin of error survei diperkirakan ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling. Survei dilakukan pada 11-14 April 2023.

Menurut Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, terjadi pergeseran posisi antara Ganjar dengan Prabowo. Pada survei minggu pertama April, Prabowo berada di posisi pertama disusul Ganjar. Namun, minggu kedua, Ganjar menguat dan Prabowo menurun.

Ada peningkatan suara Ganjar dari 13 persen di minggu pertama April 2023 menjadi 16,5 persen di minggu kedua April 2023.

Sementara Prabowo mengalami pelemahan dari 18,3 persen menjadi 16,3 persen di periode yang sama. Sementara suara Anies relatif stagnan, bergerak dari 10,7 persen menjadi 9,8 persen.

“Secara keseluruhan, suara Ganjar yang sempat turun mulai kembali menguat. Dukungan publik pada Ganjar mulai pulih,” jelas Deni.

Baca Juga
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Jurnalistik Berkualitas Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!