banner pilkada 2024
banner hut ri

Seserahan Mobil Honda Brio ‘untuk Istri Tersayang’ Viral di Ponorogo

Ponorogo – Sebuah video yang memperlihatkan mobil Honda Brio merah yang dihiasi pita dengan tulisan “untuk istriku tersayang” menjadi viral di media sosial.

Video berdurasi 16 detik tersebut menunjukkan mobil tersebut sedang diangkut menggunakan towing mobil.

Setelah dilakukan penelusuran, diketahui bahwa mobil tersebut merupakan seserahan dalam pernikahan pasangan Endra (27 tahun) warga Desa Patik, Kecamatan Pulung, dan Lynta (23 tahun) warga Desa Lengkong, Kecamatan Sukorejo.

Namun, kedua mempelai enggan memberikan komentar terkait momen yang viral ini.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sukorejo, Muhammad Auliyaussofi, membenarkan kejadian tersebut.

Pernikahan kedua mempelai tersebut berlangsung di Desa Lengkong, Kecamatan Sukorejo, pada Senin (21/8/2023), sekitar pukul 09.30 WIB.

“Pernikahan berlangsung di Desa Lengkong, tempat mempelai wanita,” kata Sofi kepada wartawan pada Rabu (23/8/2023).

Sofi menjelaskan bahwa saat itu ada towing yang membawa mobil melintasi jalanan desa yang sempit. Seserahan ini menjadi tontonan warga sekitar.

“Saya sempat bertanya kepada mempelai pria, apakah mobil tersebut termasuk mas kawin. Mereka menjawab bahwa bukan mas kawin,” ungkap Sofi.

Menurut catatan buku nikah, Sofi melanjutkan, mahar yang diberikan berupa cincin seberat 2,4 gram dan uang tunai sebesar Rp 21.800. Mobil tersebut termasuk dalam seserahan atau hadiah untuk sang istri.

“Saya periksa ke lokasi, dan ternyata benar adanya. Di pelat nomornya tertulis ‘Hadiah Untuk Istriku Tersayang’,” tambah Sofi.

Sofi juga menyebutkan bahwa kedua mempelai merupakan duda dan janda cerai yang berprofesi sebagai wiraswasta.

Pemberian mahar, menurutnya, mengikuti sunah muakad dan disesuaikan dengan kemampuan sang pria sebagai tanda cinta dan kasih sayang kepada sang wanita.

“Mas kawin tidak memiliki batasan minimal atau maksimal, namun harus sesuai dengan kemampuan sang pria,” jelas Sofi.

Seserahan mobil ini menarik perhatian warga sekitar karena lokasinya dekat dengan sekolah dan berada di dalam sebuah gang kecil. Video berdurasi 16 detik tentang seserahan ini pun menjadi viral di Ponorogo.

“Warga banyak yang melihat, karena penasaran dengan towing yang masuk ke dalam gang. Lokasinya juga dekat dengan sekolah,” tutup Sofi.

Baca Juga
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Jurnalistik Berkualitas Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!