Perebutan Kursi DPRD Jatim I 2024: Ada Anak Risma dan Whisnu Sakti Buana

- Penulis

Selasa, 22 Agustus 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Surabaya – Perebutan 8 kursi DPRD Jatim dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jatim I yang mencakup Kota Surabaya pada Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2024 diprediksi akan berlangsung dengan penuh ketegangan.

Sejumlah tokoh petahana dan anak-anak mantan wali kota bersiap untuk bersaing dalam pertarungan di Dapil yang sangat strategis ini.

Pada Pileg sebelumnya, yaitu Pileg 2019, dari total 8 kursi yang diperebutkan di Dapil Jatim I, PDI Perjuangan (PDIP) berhasil merebut 3 kursi. Sementara itu, sisa 5 kursi terbagi merata di antara PKB, Golkar, PKS, Gerindra, dan Partai Demokrat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam daftar calon sementara (DCS) yang baru saja diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, terdapat 8 petahana yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPRD Jawa Timur dari Dapil Jatim I. Mereka semua siap kembali bertarung untuk merebut kursi-kursi di DPRD Jatim.

Baca Juga :  Pria di Kota Batu Menyudahi Hidupnya Setelah Menusuk Istri Sirinya

Dari PDIP, terdapat 3 petahana yang mencalonkan diri kembali, yakni Yordan Batara Goa, Agatha Retnosari, dan Agustin Poliana. Ketiganya memutuskan untuk kembali melanjutkan perjuangan sebagai calon legislatif (Caleg) DPRD Jawa Timur dari Dapil Jatim I.

Tidak ketinggalan, PKB juga mengusung petahana dalam bentuk Samsul Arifin, yang juga merupakan adik dari mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. Sementara Partai Golkar mengajukan kembali Blegur Prijanggono untuk berkompetisi di Dapil Jatim I.

Tampil dengan pengalaman panjang di dalam lingkungan Partai Golkar, Blegur Prijanggono bukan hanya politikus senior tetapi juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Golkar di DPRD Jawa Timur dan Bendahara Golkar Jawa Timur.

Sementara itu, Partai Gerindra menunjuk Hady Dediansyah sebagai petahana untuk Dapil Jatim I. Dedy, yang diberi nomor urut 2 oleh Gerindra, siap untuk mempertahankan kursinya.

PKS juga mengusung petahana dengan mencalonkan Lilik Hendarwati yang memegang nomor urut 1. Di sisi lain, Partai Demokrat menghadirkan kembali Hartoyo sebagai incumbent dengan nomor urut 2.

Baca Juga :  Sebelum Wafat, Rizal Ramli Hampir 2 Bulan Dirawat di RSCM karena Kanker Pankreas

Namun, dalam Dapil Jatim I juga muncul beberapa nama baru yang berpotensi menggeser dominasi petahana. Ada dua putra mantan Wali Kota Surabaya yang turut ambil bagian dalam persaingan, dan keduanya adalah kader PDIP.

Pertama adalah Fuad Bernardi, anak dari Wali Kota Surabaya periode 2011-2020, Tri Rismaharini. PDIP menempatkan Fuad sebagai caleg dengan nomor urut 4 di Dapil Jatim I.

Selanjutnya, terdapat Aura Dewangga Buana Putra, putra dari Almarhum Whisnu Sakti Buana, Wali Kota Surabaya periode 2020-2021. PDIP juga memasang Aura sebagai caleg dengan nomor urut 2 di Dapil Jatim I.

Di pihak PKB, ada Musyafak Rouf, seorang politikus berpengalaman yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kota Surabaya. Musyafak diusung sebagai caleg dengan nomor urut 1 di Dapil Jatim I.

Baca Juga :  Realisasi Pendapatan Provinsi Jatim 2023 Diklaim Lampaui Target

Tidak hanya itu, PKB juga menurunkan dua mantan Anggota DPRD Surabaya, yaitu Camelia Habiba dan Mahfudz, sebagai caleg di Dapil Jatim I.

Dari Gerindra, muncul wajah baru yaitu Cahyo Harjo Prakoso, anak dari pengusaha kapal terkemuka Bambang Haryo. Meskipun baru pertama kali mencalonkan diri sebagai caleg, Cahyo diberi nomor urut 1 oleh Gerindra di Dapil Jatim I.

Partai Golkar juga menampilkan figur baru, yakni selebgram Surabaya, Syafira Devani Putri. Syafira ditempatkan di Dapil Jatim I dengan nomor urut 5.

Sementara itu, Partai Demokrat menaruh harapan pada Mantan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Rasiyo, untuk bertarung di Dapil Jatim I. Rasiyo, yang pernah mencalonkan diri sebagai Calon Wali Kota Surabaya pada tahun 2015, mendapatkan nomor urut 1 dalam kontestasi ini.

Berita Terkait

Puluhan Bus Terjaring Razia Ramp Check di Tulungagung
Rapat Kerja LPI Al-Azhaar Targetkan Anak Melek Teknologi dengan Nilai-Nilai Islami
Ratusan Pemudik Pilih Angkutan Gratis Saat Gelombang Arus Balik Lebaran
Viral Kru Bus Margo Joyo Adu Jotos dengan Pengemudi Avanza di Bojonegoro
Ditlantas Polda Jatim Antisipasi Kepadatan Lalin Objek Wisata Saat Arus Balik
Jokowi Singgung Serangan Personal di Debat ke-3, Ini Kata Mahfud MD
Anies Beri Penilaian Kemhan 11 dari 100, Prabowo: Emang Gue Pikirin
Ulama Ploso soal Prabowo Dinobatkan Jadi Sahabat Santri oleh Genggong

Berita Terkait

Jumat, 24 Mei 2024 - 09:02 WIB

Puluhan Bus Terjaring Razia Ramp Check di Tulungagung

Jumat, 24 Mei 2024 - 07:56 WIB

Rapat Kerja LPI Al-Azhaar Targetkan Anak Melek Teknologi dengan Nilai-Nilai Islami

Minggu, 14 April 2024 - 21:51 WIB

Viral Kru Bus Margo Joyo Adu Jotos dengan Pengemudi Avanza di Bojonegoro

Minggu, 14 April 2024 - 21:45 WIB

Ditlantas Polda Jatim Antisipasi Kepadatan Lalin Objek Wisata Saat Arus Balik

Rabu, 3 Januari 2024 - 10:32 WIB

Ulama Ploso soal Prabowo Dinobatkan Jadi Sahabat Santri oleh Genggong

Rabu, 3 Januari 2024 - 10:23 WIB

Seorang Warga Luka di Telinga Imbas Ledakan Keras di Sumenep

Rabu, 3 Januari 2024 - 10:16 WIB

Realisasi Pendapatan Provinsi Jatim 2023 Diklaim Lampaui Target

Rabu, 3 Januari 2024 - 10:08 WIB

Penumpukan dan Penjualan Tiket Kapal di Tanjung Perak Jadi Bahan Evaluasi

Berita Terbaru

Petugas gabungan yang terdiri dari Dinas Perhubungan, kepolisian, dan Jasa Raharja, mengadakan razia ramp check, memeriksa kelengkapan dan kelaikan armada bus pariwisata di kawasan pesisir selatan Tulungagung, Kamis (23/5/2024).

berita

Puluhan Bus Terjaring Razia Ramp Check di Tulungagung

Jumat, 24 Mei 2024 - 09:02 WIB

advertorial

ICONNET Ajak 1000 Pelanggan Setia dari 25 Kota Nonton Bareng

Senin, 20 Mei 2024 - 18:48 WIB

opini

Kendaraan Si Pengganti Kaki

Jumat, 17 Mei 2024 - 14:12 WIB