banner pilkada 2024

Jelang Idul Adha, Domba di Lamongan Laris Manis

Peternak domba modern di Lamongan yang sedang memberi makan domba (sumber: istimewa).

Lamongan – Selain sapi, domba juga jadi incaran menjelang Hari Raya Idul Adha. Para peternak domba modern di Lamongan lagi seneng banget nih, karena permintaan domba tinggi banget.

Salah satu yang kecipratan untung gede adalah peternakan domba modern di Desa Gempolpading, Pucuk. Pengelola peternakan ini, yang dikelola sama Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), bilang kalo pesenan dari konsumen menjelang hari raya kurban bener-bener banyak.

“Alhamdulillah, pesenan domba buat kurban nanti banyak, mas,” kata Miftahul Firdaus, pengelola ternak domba modern di Desa Gempolpading, Kamis (6/6/2024).

Miftahul, yang juga jadi kepala desa di sana, bilang permintaan domba dibuktikan dengan banyaknya domba yang udah laku terjual. Dia nyebutin, udah ada puluhan ekor domba dari kandang ini yang udah laku buat dijadiin kurban.

“Udah ada puluhan ekor domba yang udah laku terjual buat dijadiin hewan kurban pas Idul Adha nanti,” ujarnya.

Soal harga, Miftahul cerita, domba di kandang mereka dijual mulai Rp 2 juta sampai Rp 4 juta per ekor, tergantung ukuran dan berat dombanya. Dia juga pastiin semua domba di peternakan mereka sehat dan layak buat dijadiin hewan kurban.

“Harga bervariasi, tergantung ukuran kambingnya, mulai Rp 2 juta sampai Rp 4 juta per ekor,” jelasnya.

Permintaan domba di Desa Gempolpading ini gak cuma dari Lamongan aja. Pembeli juga datang dari Surabaya dan daerah sekitar Lamongan lainnya. Miftahul bilang, tingginya permintaan ini karena peternakan mereka pake sistem peternakan modern, jadi gak heran kalo domba-domba di sini keliatan sehat dan berisi.

“Kami juga jaga kebersihan kandang, rutin cek kesehatan, dan kasih pakan tambahan nutrisi,” paparnya.

Selain cara peternakan yang modern, pemanfaatan media sosial buat jualan juga ngefek banget. Pengelola selalu update stok dan kondisi ternak mereka di media sosial.

“Kami manfaatin media sosial buat jual beli dan itu ternyata bantu banget dalam hal pemasaran,” imbuhnya.

Para peternak domba berharap, berkah Idul Adha tahun ini bisa berdampak positif buat sektor ekonomi desa dan kesejahteraan para peternak domba di Lamongan.

“Selain jualan online lewat media sosial, kami juga layani offline, kalo ada pembeli yang mau liat langsung ke kandang juga dilayani,” pungkasnya.

Baca Juga
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Jurnalistik Berkualitas Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!