banner pilkada 2024

Penerimaan Botol Plastik di Suroboyo Bus Makin Merosot

Foto: Suroboyo Bus (sumber: istimewa).

Surabaya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya ngasih tau kalo penerimaan botol plastik dari penumpang Suroboyo Bus makin merosot. Botol plastik itu digunakan buat bayar naik bus dan udah jadi program Pemkot Surabaya buat atasin masalah sampah plastik.

“Pembayaran pake botol plastik ini bagian dari upaya kita buat ngurangin sampah plastik yang sering ngecemar di lingkungan,” jelas Warsito, Koordinator Seksi Pemanfaatan Sampah DLH, Kamis (6/6/2024).

Penggunaan botol plastik udah dimulai dari 2018. Waktu itu masyarakat rame-rame tuker botol biar bisa naik Suroboyo Bus.

Warsito cerita kalo penerimaan botol plastik udah turun dalam setahun terakhir. Dia kasih data dari 2018 sampe sekarang.

“Data yang kita dapet, di 2018 ada 220 kilo, 2019 naik jadi 235 kilo, 2020 turun jadi 187 kilo, 2021 naik lagi jadi 196 kilo, turun lagi di 2022 jadi 182 kilo, dan turun drastis di 2023 cuma 54 kilo, bahkan sampai Juni 2024 yang kita dapet baru 9 kilo,” cerita Warsito.

Dwi Cahyono, petugas lapangan DLH, bilang penurunan penerimaan botol bisa jadi karena pembayaran Suroboyo Bus udah pakai sistem non-tunai.

“Dulu tetangga saya minta botol plastik buat tuker poin di aplikasi Go Bis, aplikasi buat naik SB. Jadi bener-bener bisa ngurangin sampah botol plastik,” kata Dwi.

“Sejak sekarang pembayaran SB udah dikelola Dishub, mereka upayain penggunaan pembayaran scan atau non-tunai, jadi masyarakat yang males ribet mungkin lebih milih bayar pakai itu,” tambah Dwi.

Dwi harap lajur atau trayek Suroboyo Bus bisa diperluas. Karena dengan begitu, bisa nyampein ke lebih banyak orang dan akhirnya penerimaan botol plastik bisa naik lagi.

“Ini kan program bagus buat ngurangin sampah plastik di lingkungan, mungkin pihak SB bisa nambahin titik pemberhentian biar lebih banyak yang bisa dijangkau,” tambah Dwi.

Baca Juga
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Jurnalistik Berkualitas Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!