160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner anggota imo indonesia

Hutan Bukit Tunggangan Trenggalek Terbakar, 3 Hektare Diterjang Api

Trenggalek – Kembali terjadi insiden kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Trenggalek, Jawa Timur. Kali ini, kobaran api menerjang kawasan hutan seluas 3 hektare di Bukit Tunggangan, Kecamatan Durenan.

Menurut Kapolsek Durenan, AKP Andi Salbi, kebakaran tersebut pertama kali terdeteksi pada pukul 11.00 WIB. Lokasi kebakaran berada di wilayah Perhutani Petak 114 C RPH Durenan, BKPH Trenggalek, atau masuk Desa Kendalrejo, Kecamatan Durenan.

“Luas area yang terbakar sekitar 3 hektare. Sebagian besar dari area yang terkena dampak termasuk dalam wilayah Perhutani, sedangkan sebagian kecil adalah tanah milik warga sekitar,” ungkap Andi Salbi, pada hari Minggu (22/10/2023).

Petugas gabungan dari pemadam kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, polisi, Perhutani, dan masyarakat setempat segera diterjunkan ke lokasi kejadian untuk memadamkan api.

Proses pemadaman dilakukan secara manual dengan menggunakan ranting dan dedaunan hijau, mengingat lokasi tersebut tidak dapat dijangkau oleh mobil pemadam kebakaran.

Pihak berwenang juga segera membuat sekat di sekitar lokasi kejadian guna mencegah api merembet ke perkampungan dan kawasan hutan lainnya.

Andi Salbi menjelaskan bahwa karhutla berhasil dipadamkan setelah berlangsung selama 2,5 jam. Lokasi yang terbakar tersebut berisi beragam tumbuhan rimba, termasuk bambu, jati, serta mahoni.

Baca Juga
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Jurnalistik Berkualitas Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!