banner pilkada 2024
banner hut ri

Jokowi Ungkap Pandangan Presiden Negara Lain dalam Mengurus Negara RI

FOTO: Presiden Jokowi. (Sumber: Istimewa).

Jakarta – Dalam acara Rakernas Relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ) di Bogor, Jawa Barat, Jokowi hadir.

Dalam sambutannya, dia bercerita tentang pandangan pemimpin negara lain terhadap cara memimpin negara sebesar Indonesia. Jokowi menyatakan bahwa Indonesia adalah negara yang besar, dengan penduduk mencapai 280 juta jiwa dan terdiri dari 17 ribu pulau.

“Saya berbicara dengan para pemimpin negara lain, mereka bingung dengan apa yang saya lakukan. Mereka bertanya, ‘Bagaimana kamu bisa mengatur negara sebesar Indonesia?’ Tetapi semua ini adalah kebutuhan dasar kita, seperti sekolah, rumah sakit, dan puskesmas. Sementara negara lain memiliki satu daratan yang lebih mudah diatur, kita memiliki 17 ribu pulau,” kata Jokowi kepada relawan pada Sabtu (15/7/2023).

Menurut Jokowi, mereka tidak dapat membayangkan kompleksitas yang terjadi di Indonesia karena memang sulit mengatur negara sebesar ini.

“Mereka tidak dapat membayangkan betapa rumitnya manajemen negara kita ini, memang rumit,” tambahnya.

Jokowi mengingatkan pemimpin di masa depan untuk selalu bekerja dalam menyelesaikan tantangan tersebut. Dia menekankan agar pemimpin di masa depan tidak hanya duduk di istana.

“Oleh karena itu, pemimpin di masa depan harus bersedia bekerja keras untuk mengatasi kerumitan dengan manajemen negara yang baik. Jangan terlena dengan kenyamanan di istana. Itu sangat nyaman, dengan AC yang dingin, kursi yang empuk, dan makanan berlimpah. Namun, itu bukanlah intinya. Karena masalah yang kita hadapi sangat banyak,” tegas Jokowi.

Baca Juga
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Jurnalistik Berkualitas Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!