banner pilkada 2024
banner hut ri

Pemilih PPP di Jawa Timur Lebih Pilih Prabowo untuk Pilpres 2024

Foto: Direktur SSC, Mochtar W Oetomo

Surabaya – Surabaya Survey Center (SSC) baru-baru ini merilis data menarik mengenai preferensi pemilih Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Jawa Timur untuk Pilpres 2024.

Meskipun PPP telah secara resmi mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden, data dari SSC menunjukkan bahwa mayoritas pemilih PPP di Jatim justru cenderung mendukung dan memilih Prabowo Subianto.

Direktur SSC, Mochtar W Oetomo, mengungkapkan hasil survei yang menggambarkan kecenderungan ini. Menurutnya, sekitar 37,5% pemilih PPP di Jatim menyatakan dukungan mereka untuk Prabowo.

Ini menunjukkan adanya preferensi yang signifikan terhadap Prabowo dibandingkan dengan calon lainnya, termasuk Ganjar Pranowo yang didukung oleh PPP.

“Justru pemilih PPP Jawa Timur lebih memilih Prabowo dibanding Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan,” ujar Mochtar kepada wartawan pada hari Minggu (13/8/2023).

Survei ini juga menunjukkan bahwa Anies Baswedan merupakan pilihan kedua bagi pemilih PPP di Jatim, dengan sekitar 33,3% dari mereka mendukungnya. Sementara itu, 29,2% sisanya memilih Ganjar Pranowo sebagai pilihan mereka.

Mochtar menjelaskan bahwa basis pemilih PPP di Jatim terutama terdapat di wilayah Tapal Kuda dan Madura. Wilayah ini memiliki sejumlah pondok pesantren yang memiliki hubungan erat dengan Prabowo sejak Pilpres 2014 dan 2019.

“Prabowo memiliki hubungan khusus dengan Ponpes Sidogiri, Ponpes Sukorejo, Ponpes Nurul Jadid dan lainnya. Kemudian ponpes sebagian besar di wilayah Madura, dan Jombang utamanya Tebu Ireng karena Gus Irfan salah satu elit Gerindra dan dekat dengan Prabowo,” jelas Mochtar.

Mochtar menambahkan bahwa meskipun PPP secara resmi mendukung Ganjar, tidak mengherankan jika pemilih PPP di wilayah-wilayah tersebut lebih cenderung memilih Prabowo. Hal ini dipengaruhi oleh hubungan lama antara Prabowo dan wilayah-wilayah tersebut.

“Jadi tidak mengherankan jika suara pemilih PPP justru lebih banyak melimpah ke Prabowo, apalagi PPP dulu mendukung Prabowo,” tambahnya.

Hasil survei ini memberikan pandangan menarik mengenai dinamika politik di Jatim menjelang Pilpres 2024, dengan pemilih PPP di wilayah-wilayah tertentu tetap memilih sosok yang sudah mereka kenal sejak lama.

Baca Juga
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Jurnalistik Berkualitas Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!