banner pilkada 2024

Wow! Ini Alasan Kenapa Puluhan SMP di Blitar Kekurangan Siswa Baru

Kabid Pembinaan SMP Dindik Kabupaten Blitar, Mariadi (sumber: istimewa).

BlitarPuluhan SMP di Blitar nggak memenuhi pagu penerimaan siswa baru dalam PPDB tahun ajaran 2024/2025. Nggak cuma sekolah negeri, sekolah swasta juga sama-sama kekurangan siswa baru, lho!

Kabid Pembinaan SMP Dindik Kabupaten Blitar, Mariadi, bilang kalo jumlah SMP di Kabupaten Blitar ada 108 lembaga. Rinciannya, ada 49 SMP negeri dan 59 SMP swasta.

Jumlah Total Pagu Penerimaan Siswa Baru SMP di Blitar

Jumlah total pagu penerimaan siswa baru yang disediakan sekitar 13.731 siswa. Dari total itu, 10.562 siswa buat 49 SMP negeri dan sisanya, 3.169 siswa, buat 59 SMP swasta.

“Jumlah total pagu penerimaan untuk jenjang SMP di Blitar itu sekitar 13.731 siswa, ini termasuk SMP negeri dan swasta. Tapi jumlah siswa yang sudah diterima dalam PPDB itu sekitar 10.390 siswa,” terangnya, Jumat (5/7/2024).

Jumlah Siswa yang Diterima

Mariadi jelasin, jumlah total siswa yang udah diterima, yaitu 10.390 siswa, terdiri dari 9.765 siswa SMP negeri dan 625 siswa SMP swasta. Dari 49 SMP negeri, cuma 22 lembaga yang pagunya terpenuhi, sedangkan 27 lembaga lainnya nggak.

“Kemudian untuk lembaga SMP swasta, dari 59 lembaga yang sudah terpenuhi pagu hanya 1 lembaga. Sedangkan 58 lembaga tidak terpenuhi pagu,” katanya.

Belum Entry Data

Menurut Mariadi, khusus SMP swasta, ada 35 lembaga yang belum melakukan entry data siswa baru di aplikasi. Jadi, kemungkinan besar sekolah-sekolah ini belum ada pendaftarnya dalam PPDB.

“Kemungkinan (sekolah yang belum entry), bisa jadi tidak ada pendaftarnya. Jadi kami cek data siswa baru itu dari hasil entry masing-masing lembaga,” ujarnya.

Sekolah Pinggiran Kekurangan Pagu

Mariadi juga bilang kalo kekurangan pagu buat SMP negeri mayoritas terjadi di sekolah-sekolah pinggiran. Hal ini mungkin karena jumlah lulusan SD di daerah pinggiran juga berkurang. Selain itu, ada faktor lain yang juga mempengaruhi minimnya pendaftar di SMP di Blitar.

Adapun sekolah pinggiran yang nggak memenuhi pagu, yaitu SMP Udanawu, SMP 2 Wates, dan SMP 2 Bakung.

“Kalau dipersentase, pagu di sekolah pinggiran kekurangannya hampir 60 persen. Untuk itu, kepala sekolah harus pintar merangkul warga sekitar dan SD dengan cara jemput bola agar mendapat siswa,” tandasnya.

Pembukaan Pendaftaran PPDB Tahap Dua

FYI, Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar udah sempat buka pendaftaran tahap dua PPDB tingkat SMP di Blitar tahun ajaran 2024/2025 pada 7-14 Juni 2024. PPDB dilaksanakan dengan beberapa jalur, kayak jalur prestasi, jalur afirmasi, jalur zonasi, dan sebagainya.

FAQ (Pertanyaan Umum)

Q: Kenapa banyak SMP di Blitar kekurangan siswa baru?
A: Beberapa sekolah, terutama di pinggiran, kekurangan siswa baru karena jumlah lulusan SD yang berkurang dan faktor lainnya.

Q: Berapa total pagu penerimaan siswa baru di Kabupaten Blitar?
A: Total pagu penerimaan siswa baru di Kabupaten Blitar sekitar 13.731 siswa.

Q: Apakah semua SMP negeri dan swasta kekurangan siswa?
A: Nggak semua. Dari 49 SMP negeri, cuma 22 yang pagunya terpenuhi, sedangkan dari 59 SMP swasta, cuma 1 yang pagunya terpenuhi.

Q: Apa yang harus dilakukan kepala sekolah untuk mengatasi kekurangan siswa?
A: Kepala sekolah harus pintar merangkul warga sekitar dan SD dengan cara jemput bola agar mendapat siswa.

Baca Juga
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Jurnalistik Berkualitas Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!