banner pilkada 2024

Putusan MA Buka Jalan Buat Kaesang Nyalon di Pilgub Jakarta

FOTO: Budisatrio Djiwandono dan Kaesang (Sumber: Instagram Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad)

Jakarta – Putusan MA soal syarat usia minimum calon kepala daerah memberikan angin segar bagi Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, untuk nyalon di Pilkada Gubernur Jakarta 2024.

Keputusan ini keluar dalam Putusan Nomor 23 P/HUM/2024 yang diketok palu sama Majelis Hakim pada Rabu (29/5/2024). Intinya, MA ubah syarat umur minimal calon gubernur dan wagub dari 30 tahun dihitung sejak penetapan pasangan calon, jadi 30 tahun setelah pelantikan calon.

Ini artinya Kaesang yang lahir 25 Desember 1994, udah memenuhi syarat meski belum 30 tahun pas pendaftaran tanggal 27-29 Agustus nanti.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, juga udah semangat dorong duet Budisatrio Djiwandono dan Kaesang buat nyalon di Pilgub Jakarta 2024.

Dasco bahkan sempat unggah foto mereka berdua di IG pribadinya pada Rabu (29/5) malam dengan caption “Budisatrio Djiwandono – Kaesang Pangarep for Jakarta 2024.”

Budi Djiwandono itu keponakannya Presiden terpilih Prabowo Subianto, sedangkan Kaesang anak bungsunya Presiden Jokowi. Jadi, mereka bisa dibilang representasi dua tokoh politik besar di Indonesia.

Dengan putusan baru dari MA ini, Kaesang bisa ikutin jejak kakaknya, Gibran Rakabuming Raka, yang maju sebagai cawapres di Pilpres 2024 kemarin.

Selain itu, MA dalam putusannya juga perintahkan KPU buat cabut Pasal 4 ayat (1) huruf d PKPU Nomor 9 Tahun 2020.

Sebagai informasi, Partai Garuda ajukan permohonan uji materi ini pada 23 April 2024, didistribusikan 27 Mei 2024, dan diputusin tiga hari kemudian. Sidang ini dipimpin oleh ketua majelis Yulius, dengan dua anggotanya, Cerah Bangun dan Yodi Martono Wahyunadi.

Baca Juga
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Jurnalistik Berkualitas Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!