Ketua Kadin Surabaya Tekankan Pentingnya Pemanfaatan AI untuk UMKM

- Penulis

Jumat, 18 Agustus 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ketua Kadin Surabaya H. M. Ali Affandi La Nyalla M. Mattalitti saat menjadi salah satu narasumber dalam talkshow  bertema

Ketua Kadin Surabaya H. M. Ali Affandi La Nyalla M. Mattalitti saat menjadi salah satu narasumber dalam talkshow bertema "Digitalisasi & Peran AI dalam Pemasaran UMKM" dalam rangkaian Surabaya Great Expo 2023 (SGE 2023) di Exhibition Hall Grand City Mall Surabaya, Rabu (16/8/2023).

Surabaya – Perkembangan teknologi dan informasi banyak mengubah cara berbisnis Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) agar produk dan layanannya tetap relevan.

Terlebih di era pasca pandemi Covid-19 yang secara luar biasa mendisrupsi UMKM dan perubahan pola perilaku konsumen yang ternyata berlanjut hingga saat ini.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Kadin Surabaya H. M. Ali Affandi La Nyalla M. Mattalitti. Ia mengatakan UMKM wajib mengadaptasi teknologi dan digitalisasi. Salah satunya dengan menanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI) untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis UMKM.

ADVERTISEMENT

akun turnitin

SCROLL TO RESUME CONTENT

Mas Andi, panggilan akrab H. M. Ali Affandi La Nyalla M. Mattalitti mengatakan, bagi pelaku UMKM, tentunya sering mengalami kesulitan dalam merangkai kata yang menarik bagi konsumen saat mereka ingin mendiskripsikan produk ataupun akan melakukan promosi.

“Nah, AI ini bisa menjadi solusi. Misal dengan menggunakan ChatGPT, UMKM akan terbantu. Hanya dengan memasukkan beberapa kata kunci, ChatGPT akan membantu merangkaikan kata promosi yang dibutuhkan,” kata Mas Andi, di Surabaya, Jumat(18/8/2023).

Baca Juga :  Jadwal Konser Seru di Surabaya untuk September 2023

Pada kesempatan tersebut, Mas Andi juga mengajak salah satu UMKM, Nursoap untuk mempraktikkan penggunaan ChatGPT dalam membuat kalimat promosi produk.

Ibu Yus, owner Nursoap dipandu oleh Mas Andi memasukkan kata kunci tentang produk cuci piring Nursoap, keunggulan serta promosi yang diberikan. Tidak sampai satu menit, rangkaian kata yang cukup menarik pun telah muncul dan tersaji.

Sontak Bu Yus merasa senang dan terheran, ternyata cukup mudah untuk menggunakan teknologi ini dan pastinya sangat membantu dalam mempromosikan produk yang dijual.

“Teknologi ini memang berbayar, tetapi jika UMKM ingin menggunakannya, Kadin Surabaya akan siap membantu dan gratis,” kata Mas Andi.

Sebenarnya, lanjutnya, digitalisasi UMKM telah ditekankan oleh Kadin Surabaya sejak lama. Karena langkah ini adalah langkah praktis dan ekonomis untuk bisa menembus pasar lebih luas.

Baca Juga :  Pelaku Pengeroyokan Pasar UKA Menyerahkan Diri

Tidak banyak modal yang dibutuhkan dalam melakukannya, hanya teman atau jaringan yang luas dan open minded atau membuka diri untuk mau belajar dari YouTube. Keinginan untuk mau maju dan teman yang banyak menjadi modal utama untuk sukses melaksanakan digitalisasi UMKM.

“Ekonomis karena sebenarnya digitalisasi bisa dengan menggunakan media sosial yang tidak berbayar, misal dengan menggunakan Instagram, Facebook atau tiktok. Ketiga media sosial ini cukup efektif sebagai media promosi,” ujarnya panjang lebar.

Dengan melakukan promosi di media online, maka UMKM akan tahu berapa banyak yang melihat iklannya dan berapa banyak orang yang ingin membeli tetapi tidak jadi. Sehingga hal ini akan menjadi bahan dalam melakukan evaluasi kedepan.

Baca Juga :  Khofifah Buka The 10th K-UKM Expo 2023,  Ajak Beli Produk Indonesia

“Ini juga menjadi salah satu keunggulan media digital. Kalau dulu kita iklan di koran, kita tidak tahu berapa banyak konsumen yang telah membaca dan berapa banyak yang ingin membeli. Tetapi melalui media digital, semua bisa terekam,” tekannya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Founder @info_surabaya Andy Gindowijoyo bahwa keberadaan teknologi digital memang sangat dibutuhkan.

“Karena karakter konsumen pun saat ini sudah berubah. Sehingga pelaku usaha, khususnya UMKM juga harus mengikuti,” ujar Andy.

Penggunaan teknologi digital menjadi pintu masuk UMKM untuk sukses dan naik kelas.

“UMKM bisa dikatakan berhasil melakukan digitalisasi usahanya ketika mereka mampu menggunakan teknologi ini untuk meningkatkan penjualan dan mampu melatih karyawan atau lingkungannya untuk memahami digitalisasi atau AI untuk kemajuan usaha dan naik kelas,” pungkasnya.

Berita Terkait

Realisasi Pendapatan Provinsi Jatim 2023 Diklaim Lampaui Target
Sumatraco Langgeng Makmur Dukung Bazaar Maulid Nabi 2023
Wali Kota Mojokerto Memimpin Pelantikan Pengurus GP Ansor dan Pengukuhan Satkorcab Banser
Progres Investasi IKN Terus Berkembang: Bahlil Lahadalia Ungkap Rencana Upacara Kemerdekaan RI ke-79 Tahun 2024
Razia Prostitusi Online MiChat di Situbondo: Lima Pelaku Diamankan, Uang Rp 25,9 Juta Disita
Khofifah Yakin Jatim Mampu Antarkan Indonesia Ciptakan Swasembada Daging
Istri Bupati Trenggalek Diusir Oleh Anggota DPRD Jatim di Acara UMKM
Dua Nakes Dinkes Kota Malang Meninggal Akibat Kecelakaan Sepulang dari Bromo

Berita Terkait

Rabu, 3 Januari 2024 - 10:32 WIB

Ulama Ploso soal Prabowo Dinobatkan Jadi Sahabat Santri oleh Genggong

Rabu, 3 Januari 2024 - 10:08 WIB

Penumpukan dan Penjualan Tiket Kapal di Tanjung Perak Jadi Bahan Evaluasi

Senin, 4 Desember 2023 - 10:43 WIB

Razia Prostitusi Online MiChat di Situbondo: Lima Pelaku Diamankan, Uang Rp 25,9 Juta Disita

Sabtu, 25 November 2023 - 18:49 WIB

Khofifah Yakin Jatim Mampu Antarkan Indonesia Ciptakan Swasembada Daging

Sabtu, 25 November 2023 - 18:34 WIB

Istri Bupati Trenggalek Diusir Oleh Anggota DPRD Jatim di Acara UMKM

Sabtu, 25 November 2023 - 18:19 WIB

Dua Nakes Dinkes Kota Malang Meninggal Akibat Kecelakaan Sepulang dari Bromo

Sabtu, 25 November 2023 - 18:09 WIB

Pelatih Pencak Silat di Tulungagung Jadi Tersangka Tewasnya Pelajar SMP

Sabtu, 18 November 2023 - 15:56 WIB

Gunung Semeru Meletus 15 Kali Pascaerupsi

Berita Terbaru

berita nasional

Jokowi Singgung Serangan Personal di Debat ke-3, Ini Kata Mahfud MD

Selasa, 9 Jan 2024 - 13:13 WIB

berita nasional

Anies Beri Penilaian Kemhan 11 dari 100, Prabowo: Emang Gue Pikirin

Selasa, 9 Jan 2024 - 13:04 WIB

berita nasional

Ulama Ploso soal Prabowo Dinobatkan Jadi Sahabat Santri oleh Genggong

Rabu, 3 Jan 2024 - 10:32 WIB