banner pilkada 2024
banner hut ri

GM Utut Adianto Lantik Pengurus Percasi Jatim, Siap Datangkan Dua Pelatih Rusia

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) melantik Pengurus Provinsi (Pengprov) Percasi Jawa Timur periode 2023-2027, dengan Ketua terpilih Achmad Fauziwongsojudo, yang juga Bupati Sumenep, di Hotel Inna Simpang Surabaya, Sabtu(5/8/2023).

Surabaya – Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) melantik Pengurus Provinsi (Pengprov) Percasi Jawa Timur periode 2023-2027, dengan Ketua terpilih Achmad Fauziwongsojudo, yang juga Bupati Sumenep, di Hotel Inna Simpang Surabaya, Sabtu(5/8/2023).

Pelantikan juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Timur, M.Ali Kuncoro, Ketua Umum KONI Jatim, M.Nabil, Sejumlah Pengurus Percasi Kabupaten dan Kota di Jatim, dan atlet catur Jatim

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto berharap para pengurus baru Percasi Jatim bisa memperbaiki sistem pembinaan, sebab Jatim adalah gudang dari atlet catur nasional. Oleh karena itu ia berharap setiap kabupaten dan kota punya pelatih dan mampu menggelar pelatihan.

“Pengurus baru nanti harus bisa menggelar pelatihan kontinyu, dan tidak hanya menggelar latihan saat akan menghadapi PON, SEA Games atau Olimpiade saja, oleh karena itu setiap kabupaten dan kota harus punya pelatih bagus dan mampu menggelar pelatihan,” ujarnya.

Ia sangat yakin kalau sistem pembinaan sudah dibenahi dengan baik, maka prestasi secara otomatis akan datang sendiri dan target mudah dipenuhi. Dan dirinya berjanji akan membantu Jatim dalam pelatihan, dengan mendatangkan dua pelatih asal negara Rusia, Ruslan Serbakov dan Andrei Kovalev.

“Menyiapkan orang hidup dari olahraga Catur jauh lebih penting, kalau atlet dan pelatih nantinya sudah terkumpul, kita datangkan dua pelatih asal Rusia, Ruslan Serbakov dan Andrei Kovalev, nanti saya yang biayai, pengurus Jatim hanya nyiapin atlet dan makan saja,”tegasnya.

Utut Adianto juga meminta pada pengurus Percasi Jatim yang baru dilantik untuk fokus dan memperhatikan tiga siklus pembinaan olahraga yaitu, pelatihan, pengiriman atlet ke event pertandingan dan evaluasi, ” Pengiriman atlet tidak mudah, ke Jakarta minimal butuh biaya 5 juta rupiah, kalau ke luar negeri sekitar 75 juta rupiah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Percasi Jatim yang baru dilantik Achmad Fauziwongsojudo menyatakan siap menerima amanah besar untuk melakukan pembinaan dan meraih prestasi olahraga catur untuk Jawa Timur dan nasional.

Dikatakannya, ia dan para Pengurus Percasi Jatim segera akan melakukan pendataan atlet di Jatim mulai dari yunior hingga senior dan selanjutnya akan menggelar pelatihan khusus.

“Potensi atlet di Jatim sangat besar, kami harus melakukan pendataan seluruh atlet mulai dari yunior hingga senior, kami akan melakukan pelatihan, sebab di catur tidak ada prestasi yang diraih secara instan, perlu pelatihan dan turnamen agar mental lebih kuat,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga akan membuat program satu pesantren satu pecatur. ” Targer terdekat adalah mencari atlet, termasuk dari pesantren-pesantren di Jawa Timur, ini tidak mudah, tapi paling tidak Jatim bisa diperhitungkan dengan sistem pembinaan yang tertata dengan baik,”ujarnya.

Dalam kesempatan tesebut Pengurus Percasi Jatim memberikan penghargaan kepada dua atlet Catur Jatim yang berprestasi.(win)

Baca Juga
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Jurnalistik Berkualitas Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!