Cara Membuat Donat yang Bikin Lidah Bergoyang

- Penulis

Minggu, 10 September 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ilustrasi Donat

Ilustrasi Donat

Surabaya – Siapa yang bisa menolak sensasi donat yang empuk dan lembut di dalam mulut? Bagaimana kalau kamu bisa membuat donat semudah membalikkan telapak tangan dan memanjakan lidahmu dengan variasi glaze yang lezat?

Cara Membuat Donat yang Bikin Lidah Bergoyang

Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat donat yang empuk dan lembut.

Kamu akan belajar persiapan dan bahan yang diperlukan, langkah-langkah membuat adonan donat, serta teknik membentuk dan menggoreng donat agar terlihat dan terasa sempurna.

ADVERTISEMENT

akun turnitin

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tidak hanya itu, kamu juga akan mengetahui cara membuat donat dengan varian kentang yang menarik serta tips dan trik untuk menghindari kesalahan umum dalam membuat donat.

Jadi, siap untuk memanjakan diri dengan donat lezat buatanmu sendiri? Yuk, simak panduan berikut ini!

Persiapan dan Bahan untuk Membuat Donat

Sebelum mulai membuat donat, pastikan Anda memiliki bahan-bahan berikut:

Bahan untuk adonan donat  
Tepung terigu (sebaiknya protein tinggi) 500 gram
Kentang kukus, dihaluskan 200 gram
Ragi instan 11 gram
Gula pasir 100 gram
Garam 1/2 sendok teh
Susu cair suhu ruang 200 ml
Telur 1 butir
Margarin 60 gram, lelehkan
Bahan untuk menggoreng donat  
Minyak goreng yang cukup banyak  

Pastikan bahan-bahan yang digunakan adalah segar dan terbaik untuk menghasilkan donat yang empuk dan renyah.

Langkah-langkah Membuat Adonan Donat

Agar donat yang Anda buat empuk dan lembut dengan tekstur yang mengembang sempurna, ada beberapa langkah yang harus diikuti saat membuat adonan donat. Berikut adalah panduan cara membuat adonan donat manual yang efektif:

  1. Pertama-tama, campurkan semua bahan kering dalam mangkuk besar dan aduk rata. Pastikan gula, tepung, ragi, dan garam tercampur sempurna.
  2. Sekarang, tambahkan susu cair, telur, dan mentega cair ke dalam mangkuk kering yang sudah Anda persiapkan tadi. Aduk dengan mixer atau tangan hingga tercampur rata.
  3. Lalu, diamkan adonan selama 5-10 menit hingga terbentuk gelembung kecil di permukaannya. Hal ini menandakan bahwa ragi sudah menjadi aktif.
  4. Pindahkan adonan ke atas permukaan meja atau loyang yang sudah dilumuri tepung. Kemudian, uleni adonan dengan tangan hingga kalis dan elastis.
  5. Diamkan adonan selama 30-60 menit hingga mengembang 2 kali lipat. Pastikan tempat yang Anda pilih bebas dari angin atau sumber suhu yang dingin, karena suhu yang terlalu rendah atau angin akan membuat proses pengembangan adonan menjadi lebih sulit.
  6. Setelah selesai mengembang, tipiskan adonan dengan rolling pin hingga setebal 1 cm. Kemudian, potong dengan cetakan donat hingga membentuk lingkaran dengan ukuran yang diinginkan.
  7. Diamkan lingkaran donat selama 15-30 menit hingga mengembang kembali. Ini akan membuat donat menjadi lebih empuk dan lembut.
  8. Panaskan minyak dalam wajan dengan suhu sedang, lalu goreng donat hingga kecokelatan. Balik donat agar matang merata.
  9. Tiriskan donat pada rack kawat atau kertas minyak hingga dingin. Setelah itu, donat siap diberi topping atau glaze.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat adonan donat yang lembut dan empuk dengan tekstur yang mengembang sempurna.

Selanjutnya, Anda bisa membuat donat dengan berbagai rasa dan variasi topping yang diinginkan.

Membentuk dan Menggoreng Donat

Setelah membuat adonan donat, saatnya membentuk dan menggorengnya. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat donat kentang empuk dan renyah:

Cara Membentuk Donat

1. Ambil adonan donat yang telah jadi, dan letakkan di atas meja yang telah ditaburi dengan tepung roti secukupnya.

2. Giling adonan dengan rolling pin hingga setebal 1 cm.

3. Bentuk adonan dengan cutter donut atau gelas dengan diameter 6-7 cm. Setelah itu, dalam bagian tengahnya, lubangi dengan menggunakan cutter atau gagang sendok.

4. Letakkan donat yang sudah diberi adonan ke dalam loyang yang juga sudah diberi tepung roti. Biarkan selama 30 menit hingga donat mengembang sempurna.

Cara Menggoreng Donat

1. Panaskan minyak goreng dengan api kecil hingga suhu 160°C -170°C.

2. Goreng donat hingga keemasan di kedua sisinya. Jangan terlalu banyak menggoreng donat sekaligus, agar suhu di dalam penggorengan tetap stabil.

3. Angkat donat dan tiriskan hingga tidak ada minyak yang menetes lagi.

Demikianlah cara membuat donat lembut dan empuk dengan menggunakan kentang. Dalam proses membuat donat, pastikan adonan sudah tercampur rata dan jangan terlalu sering menguleni adonan, sehingga donat tetap empuk dan tidak keras. Selamat mencoba!

Variasi Glaze dan Topping untuk Donat Lekker

Memberikan glaze dan topping pada donat bukan hanya membuatnya terlihat cantik, tetapi juga menambah cita rasa yang tak terlupakan. Berikut ini beberapa ide kreatif untuk membuat glaze dan topping untuk donat ala Anda:

1. Glaze Cokelat

Untuk membuat glaze cokelat yang lezat, campurkan 1 cangkir gula bubuk, 2 sendok makan susu, dan 2 sendok makan bubuk kakao dalam mangkuk. Aduk rata dan berikan pada donat yang telah digoreng.

2. Topping Keju

Anda bisa menambahkan sentuhan gurih pada donat dengan menambahkan topping keju. Campurkan 1/4 cangkir keju parut dan 1 sendok makan mentega yang sudah dilelehkan dalam mangkuk. Aduk rata dan letakkan pada donat. Panggang donat selama beberapa menit di dalam oven untuk melelehkan keju.

3. Glaze Gula Donat

Untuk membuat glaze gula yang klasik, campurkan 1 cangkir gula tepung, 1/4 sendok teh garam, 1/4 sendok teh vanila, dan 3 sendok makan air dalam mangkuk. Aduk rata dan berikan pada donat yang telah digoreng.

4. Topping Cokelat Chips

Tambahkan kesenangan pada donat dengan menambahkan cokelat cair dan choco chips di atasnya. Setelah donat digoreng, timpa dengan cokelat cair dan taburkan choco chips di atasnya. Lalu, dinginkan hingga cokelat mengeras.

5. Glaze Stoberi

Glaze stoberi akan memberikan donat sentuhan manis dan segar. Tambahkan 1/2 cangkir gula tepung, 1/4 cangkir stoberi segar yang sudah dihaluskan, dan 1/2 sendok teh air lemon dalam mangkuk dan aduk rata. Berikan pada donat yang telah digoreng.

6. Topping Cinnamon Sugar

Anda bisa membuat topping dengan mencampurkan 1/4 cangkir gula dan 1 sendok teh bubuk kayu manis dalam mangkuk. Setelah donat digoreng, taburi dengan campuran gula kayu manis ini untuk memberikan rasa manis dan rempah yang sedap.

Anda bisa mencoba ide-ide ini atau menciptakan topping dan glaze favorit Anda sendiri. Cobalah untuk bereksperimen dengan bahan-bahan yang berbeda dan temukan kombinasi yang sempurna untuk donat Anda!

Donat Kentang: Variasi yang Lezat

Donat kentang adalah salah satu variasi donat yang patut dicoba. Donat kentang empuk dan lezat ini akan membuat siapa saja ketagihan. Ketika ingin membuat donat kentang, pastikan Anda mengikuti resep ini dengan teliti. Anda akan mendapatkan donat yang empuk dan mengembang sempurna.

Cara membuat donat kentang empuk cukup sederhana. Pertama-tama, siapkan bahan-bahannya seperti kentang, tepung terigu, ragi, gula, telur, garam, dan susu bubuk. Kukus kentang hingga matang, lalu haluskan. Campurkan dengan tepung terigu, ragi, gula, telur, garam, dan susu bubuk. Aduk hingga adonan kalis.

Kemudian, diamkan adonan selama 1 jam hingga mengembang dua kali lipat. Setelah itu, gilas dan bentuk adonan menggunakan cetakan donat. Goreng donat hingga kuning kecokelatan di minyak panas.

Saat membuat donat kentang, pastikan Anda meratakan adonan dengan baik dan jangan terlalu tebal. Selain itu, pastikan juga suhu minyak saat menggoreng donat tepat agar donat empuk dan renyah. Dengan mengikuti tips ini, Anda akan mendapatkan donat kentang empuk dan mengembang sempurna.

Cara membuat donat kentang sederhana ini bisa menjadi alternatif bagi yang ingin mencoba variasi donat yang berbeda. Selamat mencoba!

Tips dan Trik untuk Donat Sempurna

Bagaimana cara membuat donat yang lembut dan empuk? Apa rahasianya? Berikut ini beberapa tips dan trik untuk menghasilkan donat yang sempurna:

Pilih Bahan yang Tepat

Untuk membuat donat yang lembut dan empuk, pilihlah bahan yang berkualitas. Gunakan tepung terbaik yang tersedia di pasar dan pastikan kualitas kentang yang digunakan baik.

Selain itu, gunakan fermipan sebagai ragi, karena dapat meningkatkan kualitas adonan dan membuatnya lebih mengembang.

Campurkan Bahan dengan Benar

Agar donat terasa empuk dan lembut, pastikan semua bahan tercampur dengan sempurna. Gunakan mixer yang tepat untuk mengaduk adonan dengan baik, serta pastikan kecepatan mixer tidak terlalu tinggi. Jangan terlalu lama mengaduk adonan agar tidak membuat adonan terlalu kalis.

Kneading yang Tepat

Saat kneading adonan, gunakan teknik yang tepat untuk menghasilkan donat yang lembut dan empuk. Sebaiknya jangan terlalu lama menguleni adonan agar tidak terlalu licin. Kneading adonan selama 8-10 menit adalah waktu yang ideal.

Penentuan Suhu yang Tepat

Suhu juga memainkan peran penting dalam membuat donat yang lembut dan empuk. Pastikan suhu ruangan cukup hangat saat menggoreng donat, yaitu sekitar 24-27 derajat Celsius. Terlalu dingin atau terlalu panas bisa membuat donat kering.

Gunakan Minyak dengan Tepat

Ketika menggoreng donat, gunakan minyak yang cukup banyak dalam wajan agar donat tidak menempel dan matang merata. Namun, jangan menggunakan terlalu banyak minyak, karena bisa membuat donat terlalu berlemak. Sebaiknya gunakan minyak khusus untuk menggoreng donat.

Dengan menggunakan tips dan trik di atas, Anda bisa membuat donat yang lembut dan empuk dengan mudah. Selamat mencoba!

Alternatif Tanpa Telur: Donat Vegan

Jika Anda ingin membuat donat tanpa telur, ini adalah resep yang tepat untuk Anda. Bahan-bahan untuk donat ini bisa diperoleh dengan mudah di pasar atau toko bahan makanan sekitar Anda.

Bahan untuk Donat Vegan

Bahan Ukuran
Tepung terigu 250 gram
Gula pasir 50 gram
Ragi instan 7 gram
Garam ½ sendok teh
Minyak sayur 50 ml
Air 150 ml

Catatan: Pastikan semua bahan dalam suhu ruangan sebelum menggabungkannya.

Cara Membuat Donat Vegan

  1. Campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan garam dalam mangkuk besar, aduk rata.
  2. Tambahkan minyak sayur dan air sedikit demi sedikit. Aduk adonan hingga tercampur rata.
  3. Kemudian, uleni adonan hingga elastis. Jika adonan terlalu lengket, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit.
  4. Bulatkan adonan dan letakkan di dalam mangkuk. Tutup dengan lap basah dan diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga adonan mengembang dua kali lipat.
  5. Ambil adonan dan letakkan di atas permukaan datar yang telah dibubuhi tepung. Gilas adonan dengan rolling pin dan gunakan cetakan donat untuk membuat bentuk donat.
  6. Panaskan minyak dalam wajan. Goreng donat hingga kuning keemasan. Tiriskan donat dengan kertas minyak dan tutup dengan gula halus atau topping lainnya sesuai selera.
  7. Donat vegan siap disajikan.

Itulah resep donat vegan yang bisa Anda coba di rumah. Dengan mengikuti resep ini, Anda bisa menikmati donat tanpa telur yang lezat dan sehat. Selamat mencoba!

Kue Donat: Adik dari Donat

Selain donat biasa yang berbentuk lingkaran, ada juga varian kue donat dengan bentuk dan jenis yang berbeda-beda. Salah satunya adalah donat isi atau jelly donut.

Donat isi memiliki rongga di tengahnya yang kemudian diisi dengan selai atau jelly. Sementara itu, untuk donat bomboloni, donat ini memiliki tekstur dan bentuk yang mirip dengan roti. Namun, donat bomboloni tetap memiliki lapisan luar yang renyah dan diisi dengan selai atau krim keju.

Untuk membuat donat isi, pertama-tama kamu harus membuat adonan donat seperti biasa. Setelah itu, setelah menggulung adonan menjadi lingkaran, panggang donat dalam oven hingga matang.

Setelah donat dingin, gunakan pipa untuk mengisi adonan dengan selai atau jelly. Kamu juga bisa menggunakan sisir donat untuk membuat lubang di tengah donat yang kemudian diisi dengan selai.

Untuk membuat donat bomboloni, pastikan untuk membuat adonan donat yang empuk dan mengembang sempurna sehingga menghasilkan tekstur yang lembut dan bertekstur.

Setelah itu, bentuk adonan menjadi bola, kemudian panggang donat dalam oven hingga matang. Setelah dingin, potong donat menjadi dua bagian dan isi dengan krim atau selai favoritmu.

Variasi Topping dan Hiasan Donat

Kamu dapat memberikan sentuhan kreatif pada donat homemade dengan menambahkan berbagai hiasan dan topping yang mudah didapat. Berikut beberapa ide kreatif untuk menghias donat:

  • Tambahkan saus cokelat, stroberi atau karamel di atas donat.
  • Taburi donat dengan gula halus atau bubuk kayu manis.
  • Tambahkan topping keju cheddar atau parut di atas donat.
  • Gunakan olesan krim, serut coklat, dan irisan buah-buahan di atas donat.
  • Tambahkan topping bubuk matcha atau daun mint untuk rasa yang unik.

Kamu juga dapat mencoba membuat donat dengan bahan seadanya di rumah. Gunakan takaran sendok untuk membuat donat kecil-kecil.

Kamu dapat membuat donat sederhana dengan menggunakan gula, tepung, susu, mentega, dan baking powder. Ini adalah cara mudah untuk menikmati donat kapan saja tanpa perlu membeli di toko.

Video Tutorial Cara Membuat Donat

Jika Anda lebih suka belajar dengan cara visual, kami telah menyiapkan beberapa video tutorial cara membuat donat yang dapat membantu menyempurnakan keterampilan Anda dalam membuat donat yang enak. Berikut adalah beberapa ide video tutorial yang dapat Anda ikuti:

  • Video Cara Membuat Donat Kentang: Dalam video tutorial ini, Anda akan belajar cara membuat donat kentang empuk dan mengembang sempurna.
  • Video Cara Membuat Donat Sederhana: Jika Anda mencari tutorial yang lebih sederhana, video ini menunjukkan cara membuat donat dengan bahan seadanya yang mudah ditemukan di rumah.

Video tutorial merupakan tambahan yang baik untuk panduan langkah-demi-langkah yang telah kami berikan dalam artikel ini. Jadi, jika Anda memerlukan bantuan visual dalam membuat donat Anda, pastikan untuk menonton video tutorial yang ada.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara membuat donat yang empuk dan lezat di rumah. Dengan mengikuti panduan yang kami sediakan, Anda bisa membuat donat dengan mudah dan lengkap. Bahan-bahan yang diperlukan mudah didapat, dan langkah-langkahnya pun sederhana.

Jangan lupa untuk mempersiapkan bahan dengan baik dan mengikuti petunjuk secara teliti agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan menggoreng donat pada suhu yang tepat hingga matang sempurna, Anda bisa mendapatkan donat yang crispy di luar dan lembut di dalam.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba variasi donat kentang yang memiliki rasa yang unik dan lezat. Jika Anda vegetarian atau vegan, jangan khawatir, Anda tetap bisa membuat donat tanpa telur dengan bahan-bahan yang cocok.

Jangan lupa untuk mencoba resep donat yang berbeda, seperti donat isi atau bomboloni. Anda juga bisa berkreasi dengan berbagai topping dan hiasan donat menggunakan bahan-bahan yang sederhana.

Bagi yang suka belajar melalui video, kami juga menyediakan tutorial cara membuat donat dalam bentuk video. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah memahami setiap tahapannya.

Terakhir, jangan lupa untuk berkreasi dan menikmati kelezatan donat hasil buatan sendiri. Semoga panduan ini bermanfaat untuk Anda dalam menciptakan donat yang sempurna. Selamat mencoba!

Berita Terkait

Cara Bikin Cilok Empuk yang Rasanya Nagih
Resep Ubi Lumer: Nikmatnya Ubi Manis yang Meleleh di Mulut
Rawon Nguling Malang: Kenikmatan Kuliner Khas Kota Malang yang Tak Tergantikan
Resep Ayam Kecap Bumbu Ulek yang Lezat dan Pedas
Resep Terong Balado Khas Jawa, Gurihnya Terong Bertemu Pedasnya Balado
7 Langkah Mudah Cara Membuat Kuah Bakso Lezat dan Gurih
LPPOM MUI Buka Suara Soal Baso A Fung dan Jovi Adhiguna
Cara Masak Oseng-Oseng Mercon, Resep Pedas Istimewa dari Indonesia

Berita Terkait

Rabu, 3 Januari 2024 - 10:32 WIB

Ulama Ploso soal Prabowo Dinobatkan Jadi Sahabat Santri oleh Genggong

Rabu, 3 Januari 2024 - 10:08 WIB

Penumpukan dan Penjualan Tiket Kapal di Tanjung Perak Jadi Bahan Evaluasi

Senin, 4 Desember 2023 - 10:43 WIB

Razia Prostitusi Online MiChat di Situbondo: Lima Pelaku Diamankan, Uang Rp 25,9 Juta Disita

Sabtu, 25 November 2023 - 18:49 WIB

Khofifah Yakin Jatim Mampu Antarkan Indonesia Ciptakan Swasembada Daging

Sabtu, 25 November 2023 - 18:34 WIB

Istri Bupati Trenggalek Diusir Oleh Anggota DPRD Jatim di Acara UMKM

Sabtu, 25 November 2023 - 18:19 WIB

Dua Nakes Dinkes Kota Malang Meninggal Akibat Kecelakaan Sepulang dari Bromo

Sabtu, 25 November 2023 - 18:09 WIB

Pelatih Pencak Silat di Tulungagung Jadi Tersangka Tewasnya Pelajar SMP

Sabtu, 18 November 2023 - 15:56 WIB

Gunung Semeru Meletus 15 Kali Pascaerupsi

Berita Terbaru

berita nasional

Jokowi Singgung Serangan Personal di Debat ke-3, Ini Kata Mahfud MD

Selasa, 9 Jan 2024 - 13:13 WIB

berita nasional

Anies Beri Penilaian Kemhan 11 dari 100, Prabowo: Emang Gue Pikirin

Selasa, 9 Jan 2024 - 13:04 WIB

berita nasional

Ulama Ploso soal Prabowo Dinobatkan Jadi Sahabat Santri oleh Genggong

Rabu, 3 Jan 2024 - 10:32 WIB