banner pilkada 2024

Belgia Gasak Rumania di Euro 2024, Skor 2-0!

Foto: Belgia vs Rumania

Jakarta – Timnas Belgia akhirnya bisa bernapas lega di Euro 2024 setelah berhasil mencetak kemenangan perdana mereka di laga kedua Grup E. Belgia gasak Rumania dengan skor 2-0 di Stadion RheinEnergie, Cologne, Minggu dini hari WIB.

Dua gol Belgia masing-masing dicetak oleh Youri Tielemans pada menit ke-2 dan Kevin De Bruyne pada menit ke-80.

Setelah kalah 0-1 dari Slovakia di laga pembuka, Belgia butuh banget kemenangan ini. Pelatih Domenico Tedesco pun bikin beberapa perubahan di starting XI-nya. Salah satu perubahan kunci adalah memasukkan Tielemans sebagai starter menggantikan Orel Mangala.

Keputusan ini terbukti jitu! Baru menit ke-2, Belgia udah unggul lewat gol keras Tielemans dari luar kotak penalti setelah menerima umpan pendek dari Romelu Lukaku. Belgia unggul cepat 1-0.

Rumania nggak tinggal diam. Dua menit setelah gol Tielemans, Rumania punya peluang lewat sundulan Radu Dragusin, tapi berhasil ditepis kiper Belgia, Koen Casteels.

Belgia hampir menambah gol di menit ke-18 lewat Dodi Lukebakio, tapi tendangannya masih bisa dipatahkan kiper Rumania, Florin Nita.

Sampai babak pertama selesai, Belgia masih unggul 1-0 meski terus menggempur pertahanan Rumania. Rumania juga punya beberapa peluang, tapi gagal menyamakan kedudukan.

Masuk babak kedua, Rumania langsung menggebrak dengan tendangan keras Dennis Man yang masih bisa diamankan Casteels. Belgia nggak tinggal diam. De Bruyne punya dua peluang di menit ke-51 dan ke-54, tapi sayangnya masih melebar.

Romelu Lukaku sempat bikin gol di menit ke-63 setelah menerima umpan terobosan De Bruyne, tapi sayangnya dianulir karena offside.

Akhirnya, Belgia memastikan kemenangan mereka di menit ke-80 lewat gol De Bruyne. Berawal dari tendangan Casteels dari garis pertahanan, De Bruyne memenangkan duel dengan Dragusin sebelum menaklukkan Nita untuk kedua kalinya.

Kemenangan 2-0 ini bikin semua tim di Grup E punya tiga poin. Penentuan tim yang lolos ke fase gugur bakal ditentukan di laga terakhir. Belgia akan lawan Ukraina pada partai pamungkas, Rabu (26/6) di Mercedes-Benz Arena, Berlin. Rumania bakal lawan Slovakia di Deutsche Bank Park, Frankfurt pada waktu yang sama.

Susunan Pemain Belgia vs Rumania:

Belgia: Koen Casteels, Timothy Castagne, Wout Faes, Jan Vertonghen, Arthur Theate, Youri Tielemans, Amadou Onana, Dodi Lukebakio, Kevin De Bruyne, Jeremy Doku, Romelu Lukaku Pelatih: Domenico Tedesco.

Rumania: Florin Nita, Andrei Ratiu, Radu Dragusin, Andrei Burca, Nicusor Bancu, Marius Marin, Dennis Man, Razvan Marin, Nicolae Stanciu, Valentine Mihaila, Denis Dragus Pelatih: Edward Iordanescu.

Baca Juga
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Jurnalistik Berkualitas Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!