banner pilkada 2024

Bupati Dico Sulap Terminal Mangkrak Jadi Ruang Terbuka Hijau

Bupati Kendal Dico Ganinduto saat berada di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Boja. (sumber: istimewa)

Kendal – Bupati Kendal, Dico Ganinduto, baru aja ngeresmikan wifi gratis di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kaliwungu dan Boja, Minggu (9/6/2024) kemarin. Warga yang hadir seneng banget sama adanya wifi gratis yang bisa dipakai umum di tempat itu.

“RTH yang saya buat ini bermanfaat atau tidak?” tanya Dico ke warga lewat akun Instagram resminya, Rabu (12/6/2024). Langsung deh, warga yang hadir teriak, “Bermanfaatttt!!”

Sebelum ada RTH Boja, tempat itu adalah terminal yang mangkrak dan sering dipakai buat kegiatan negatif. Tapi sekarang, di era kepemimpinan Dico, terminal itu disulap jadi RTH yang keren dan ada wifi gratis buat warga.

Dico berharap, dengan adanya RTH Boja, masyarakat bisa manfaatin buat kegiatan seperti olahraga, UMKM, dan lainnya.

Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti, Yayat Supriyatna, juga ngasih apresiasi ke Bupati Dico yang berhasil merevitalisasi terminal mangkrak jadi RTH. “Terminal mangkrak itu kan kumuh, semrawut, jadi tempat kegiatan negatif. Nah, dia berhasil kasih nilai plus berupa RTH,” kata Yayat.

Yayat juga bilang, yang paling penting dari revitalisasi ini adalah manfaat yang diterima masyarakat. “Quality of life orang di Kendal jadi makin bagus, misalnya dari nggak punya taman jadi punya taman, dari panas jadi sejuk dengan RTH,” lanjutnya.

Menurutnya, banyak ruang tak berguna yang sekarang bisa dimanfaatkan buat kebahagiaan masyarakat. Bupati Dico berhasil ngubah ruang-ruang itu jadi tempat yang bisa ningkatin kebahagiaan warga.

Dengan adanya wifi gratis dari Bupati Dico, Yayat berharap bisa dimanfaatkan secara positif dan edukatif, termasuk buat para pelaku UMKM. “Asalkan wifi itu dipakai buat hal-hal positif dan edukatif,” kata Yayat.

“Nah, bisa aja jadi ruang ekonomi juga, tapi jangan sampai bikin tempatnya jadi semrawut,” lanjutnya. Dia juga berharap ada edukasi dan rambu-rambu tentang cara menggunakan taman dan wifi supaya tetap produktif dan tertib.

“Nah, harus ada rambu peringatan tentang cara pakai taman, wifi, dan menjaga kebersihan. Dengan adanya rambu itu, ketertiban pasti terjaga,” ujarnya.

Baca Juga
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Jurnalistik Berkualitas Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!